Doa Masuk WC dan Keluar WC Latin Beserta Artinya Lengkap

Doa Masuk WC dan Keluar WC Latin Beserta Artinya Lengkap Manusia merupakan makhluk sosial yang selalu berinteraksi dengan banyak hal di berbagai tempat. Termasuk juga fasilitas umum seperti water closet, sekolah, pusat perbelanjaan dan lainnya.

Salah satu tempat paling penting dan banyak orang butuhkan yakni water closet. Oleh sebab itu, menjaga WC merupakan hal yang perlu masyarakat perhatikan. Sayangnya, masih banyak orang abai akan semua ini.

Banyak orang tidak sadar bahwa kebersihan water closet itu sangat penting. Selain untuk menjaga kesehatan, WC yang bersih juga akan membuat seseorang merasa nyaman ketika melakukan aktivitas di dalamnya.

Namun, dibalik rutinitas keseharian ini banyak orang mengabaikan aspek spiritualitas serta ketenangan batin utamanya ketika memasuki water closet. Padahal wc adalah salah satu tempat  berdiamnya setan.

Dalam agama Islam, ada sebuah ajaran tentang pentingnya menjaga diri dengan berdoa saat melakukan aktivitas. Termasuk ketika memasuki water closet dengan membaca doa masuk wc dan keluar wc agar senantiasa mendapat perlindungan dari Allah SWT.

Doa Masuk WC Latin Beserta Artinya Lengkap

doa masuk wc dan arti

Doa masuk WC bukan hanya sekadar rangkaian kata-kata, tetapi juga merupakan bentuk pengingat kepada umat Islam untuk selalu menjaga kesucian jiwa dan tubuh. Saat membaca doa ini, seseorang diharapkan lebih berhati-hati dalam menghadapi urusan yang berhubungan dengan kebersihan.

Selain itu, doa ini juga menjadi cara untuk memohon perlindungan dari gangguan jin atau syaitan, sehingga orang yang memasuki WC merasa aman dan terlindungi. Dengan mengamalkan doa masuk WC secara rutin, umat Islam diajak untuk menghargai nilai-nilai kesucian dan kebersihan dalam setiap aspek kehidupan.

Doa ini menjadi pengingat penting bahwa agama Islam sangat memperhatikan tata cara dan etika dalam menjalani kehidupan sehari-hari, termasuk dalam hal-hal yang sering dianggap sepele seperti masuk WC. Bagi sebagian besar orang utamanya umat muslim tentu sudah tidak asing lagi tentang doa masuk wc.

Biasanya bacaan itu diajarkan kepada sejak usia dini oleh para orang tua kepada putra putrinya seperti berikut ini:

Berikut ini adalah lafadz doa masuk WC dalam bahasa Arab beserta tulisan Latinnya:

بِسْمِ اللَّهِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

Latinnya: “Bismillaah, Allaahumma innii a’uudzubika minal khubutsi wal khabaaits.”

Doa masuk WC dalam bahasa Indonesia adalah sebagai berikut:

“Dengan menyebut nama Allah, ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari jin laki-laki dan jin perempuan.”

Pastikan Anda membaca doa sebelum masuk, bukan ketika dalam kamar mandi. Pasalnya, saat sudah berada di water closet dilarang untuk menyebut kalimat yang mengandung asma Allah SWt.

Doa Keluar Wc Latin Beserta Artinya Lengkap

Doa Keluar Wc

Selain mengetahui tentang doa masuk WC, kita juga perlu memahami doa keluar WC yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Doa ini memiliki maksud dan tujuan yang sama dengan doa masuk WC, yaitu untuk menjaga kesucian diri dan melindungi kita dari gangguan jin serta syaitan.

Setelah selesai menggunakan WC, Nabi Muhammad SAW mengajarkan kita untuk mengucapkan “Alhamdulillah” sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat-Nya.

Dengan menyampaikan ungkapan syukur ini, kita diingatkan untuk selalu bersyukur atas berkah kesehatan dan kesempatan yang diberikan untuk menjalani aktivitas sehari-hari, termasuk melaksanakan keperluan di WC.

Sederhana namun bermakna, doa keluar WC ini menjadi pengingat bagi umat Islam untuk senantiasa menghadirkan kesadaran spiritual dalam setiap aspek kehidupan, termasuk dalam hal-hal yang terlihat sepele sekalipun.

Dengan mengamalkan doa ini, diharapkan kita dapat memperkuat hubungan spiritual dengan Allah SWT dan meningkatkan rasa syukur serta kesadaran akan pentingnya menjaga kesucian dan kebersihan jiwa dan tubuh.

Semoga dengan mengingat doa keluar WC ini, kita dapat lebih menghargai setiap karunia-Nya dan selalu berupaya untuk berada dalam keadaan yang bersih dan suci, baik secara lahir maupun batin.

Berikut ini adalah lafadz doa keluar WC dalam bahasa Arab dan Latinnya:

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ

Latinnya: “Ghofirokallahu, alhamdulillahil ladzi adzhaba ‘anni al-adza wa ‘aafani.”

Doa keluar WC dalam bahasa Indonesia adalah sebagai berikut:

“Dengan mengharap ampunan-Mu, segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan rasa sakit dan menyembuhkanku.”

Bacaan di atas merupakan doa yang sebaiknya dibaca ketika keluar water closet lengkap beserta artinya. Anda bisa melafalkan kalimat itu melalui lisan dengan suara lirih ataupun secara batin.

Hukum Membaca Doa Masuk WC dan Keluar WC

doa masuk wc dan artinya

Lalu bagaimana hukum membaca doa masuk wc dan keluar wc? Mungkin sebagian besar orang bertanya mengenai hal ini. Sejauh ini, para ulama sepakat bahwa melafalkan kalimat dengan tujuan meminta perlindungan Allah adalah wajib.

Agama Islam mengajarkan kepada umat muslim untuk mengucapkan doa ketika hendak melakukan aktivitas apapun. Khususnya ketika hendak masuk tempat-tempat kotor yang menjadi tempat tinggal para setan atau jin jahat.

Anjuran membaca doa masuk wc dan keluar wc ini sesuai dengan pendapat Imam An-Nawawi dalam kitab Al-Adzkar yang menyebutkan bahwa agar senantiasa menyebut Asma Allah SWT untuk senantiasa meminta perlindungan.

Tips Mengajarkan Anak Adab dan Amalan Membaca Doa Masuk WC dan Keluar WC

doa masuk wc dan keluar wc

Mengingat hukum dan pentingnya membaca doa masuk wc dan keluar wc. Maka dari itu, penting bagi seorang muslim untuk mengajarkan amalan ini kepada anak keturunannya. Berikut ada beberapa tips memberikan pendidikan mengenai ibadah itu.

Memberikan Pengetahuan Bahwa WC Tempat Tinggal Setan

Hal pertama yang bisa Anda lakukan yakni memberikan pengetahuan kepada anak bahwa water closet merupakan tempat tinggal setan. Para jin jahat ini bertugas untuk mengganggu manusia.

Oleh sebab itu, agar tidak mendapat gangguan dari setan penting bagi anak-anak untuk membaca doa. Tanamkan dalam pikiran, bahwa Allah akan melindungi orang-orang yang meminta perlindungan.

Mengajarkan Anak Pentingnya Buang Air Kecil dengan Berjongkok

Selain mengajarkan pentingnya berdoa, orang tua juga perlu untuk memberitahukan jika hendak buang air harus dengan berjongkok. Tentunya dalam hal ini sebaiknya berikan juga alasannya.

Para orang tua wajib memberitahukan bahwa air seni atau kotoran hasil metabolisme tubuh adalah najis. Jika hadas itu tercecer kemana-mana hingga ke bagian tubuh atau pakaian maka akan menyebabkan dosa.

Pada dasarnya pendidikan mengenai toilet training merupakan hal yang sangat penting. Sebaiknya ajaran tentang amalan itu diberikan sejak usia dini karena pada usia segitu anak-anak lebih mudah menghafal doa-doa.

Makna dan Tujuan dari Doa Masuk WC dan Keluar WC

doa masuk wc dan keluar wc beserta artinya

Tidak cukup bagi seseorang untuk menghafal bacaan doa masuk wc dan keluar wc saja. Penting juga bagi Anda, khususnya umat muslim supaya memahami makna yang ada di dalamnya seperti berikut:

Mengingatkan akan Kehadiran Allah SWT

Dalam doa masuk wc dan keluar wc mengandung kalimat yang menyebut nama Allah SWT. Bacaan itu bertujuan untuk mengingatkan seseorang akan kehadiran Tuhan di semua kegiatannya walaupun ketika berada di  kamar mandi sekalipun.

Ketika membaca doa masuk wc dan keluar wc, secara tidak langsung seseorang akan merenungkan betapa pentingnya menghadirkan Allah SWT dalam setiap langkahnya. Bukan hanya itu, bacaan ini juga mengajarkan umat muslim untuk tunduk kepada sang ilahi.

Mengajarkan Etika Masuk WC

Doa merupakan rangkaian kata-kata yang penuh makna. Bacaan ini menghubungkan seorang hamba dengan Tuhannya. Jadi, sudah seharusnya bagi seorang untuk menjaga etika ketika hendak melakukan aktivitas apapun, begitu pula saat hendak buang hajat.

Mungkin banyak orang yang menganggap sepele mengenai hal ini. Tapi, pada dasarnya agama Islam sudah mengajarkan ada etika-etika khusus bagi seorang muslim ketika hendak masuk wc mulai dari masuk hingga keluar toilet.

Mengingatkan untuk Mengendalikan Nafsu

Nafsu merupakan sesuatu yang melekat pada diri manusia dan memiliki peranan sangat penting. Karena akal serta pikiran akan mengendalikan jiwa, jika seseorang tidak bisa mengontrolnya dengan baik. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengendalikannya.

Agama Islam mengajarkan bahwa umat muslim harus mengendalikan nafsu dalam hal apapun, begitu pula saat memasuki dan keluar dari wc. Saat berada di dalam toilet sebaiknya seseorang menjaga adab serta mengurangi hal-hal yang tidak pantas.

Meningkatkan Kesadaran Pentingnya Kebersihan

Menjaga kebersihan lingkungan salah satunya kamar mandi adalah sebuah hal penting. Pasalnya, hal itu akan mempengaruhi kesehatan baik jasmani maupun rohani orang-orang yang tinggal di tempat itu.

Oleh sebab itu, umat muslim sangat diajurkan untuk membaca doa masuk wc dan keluar wc atau toilet. Dalam bacaan ini mengandung makna pengingat agar seseorang meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan fisik dan spiritual.

Waktu untuk Refleksi Diri

Water closet merupakan salah satu tempat paling privasi bagi seseorang. Biasanya seseorang akan banyak merenung di wc ketika melakukan aktivitas seperti mandi atau buang hajat.

Ketika membaca doa masuk wc dan keluar wc secara tidak langsung seseorang akan mengingatkan dirinya sendiri untuk mengingat kehadiran Allah SWT dan meningkatkan spiritualitasnya. Tentunya hal ini akan menjadi momen refleksi diri secara singkat dari semua permasalahan.

Ekspresi Rasa Syukur dan Tawakal

Mungkin banyak orang yang tidak sadar bahwa dalam doa masuk wc dan keluar wc juga memiliki makna ucapan syukur atas nikmat Allah SWT. Utamanya karunia sehat karena bisa membuat kotoran hasil metabolisme tubuh dengan lancar.

Nikmat sehat merupakan salah satu dari sekian banyak karunia Tuhan yang acap kali orang-orang abaikan. Padahal, ketika seseorang sakit maka akan merasakan banyak sekali penderitaan. Oleh karena itu, doa masuk wc dan keluar wc ini mengajarkan tentang bersyukur.

Memohon Pengampunan dan Perlindungan Allah SWT

Makna lain yang ada dalam doa masuk ke dalam water closet yaitu mengajarkan seseorang untuk memohon pengampunan dan perlindungan kepada Allah SWT. Sudah hakikatnya bahwa seorang hamba harus melakukan hal ini kepada penciptanya.

Dalam rangkaian doa masuk water closet menyebutkan bahwa Allah SWT itu memiliki sifat Maha Pengampun dan Penyembuh. Jadi, sudah selayaknya sebagai manusia agar selalu berserah diri dan meminta perlindungan kepada-Nya dalam semua persoalan.

Penting sekali untuk seseorang pahami, khususnya bagi umat muslim. Sesungguhnya doa bukan hanya sekedar rangkaian kata-kata saja. Dalam susunan kalimat itu mengajarkan agar seorang hamba mengingat kepada sang ilahi.

Adab Doa Masuk WC dan Keluar WC

doa masuk wc beserta artinya

Tahukah Anda bahwa saat memasuki water closet ada adabnya? Tentunya bagi umat muslim sudah mengetahui hal ini. Terdapat tata cara yang sebaiknya seseorang lakukan ketika hendak ke wc diantaranya seperti berikut:

Membaca Doa Masuk WC dan Keluar WC

Membaca doa masuk wc dan keluar wc, sudah jelas ini adalah poin pertama yang harus seseorang lakukan sesuai dengan anjuran agama Islam. Tentunya ada banyak hal bisa Anda pelajari dan rasakan ketika mengamalkannya.

Sebelumnya telah dipaparkan bahwa doa masuk wc dan keluar wc memiliki banyak makna dan tujuan. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mengamalkan anjuran ini agar mendapat keberkahan dari Allah SWT.

Mencuci Tangan Sebelum Masuk WC

Setelah membaca doa, sebaiknya seorang umat muslim juga mencuci kedua tangan sebelum memasuki water closet untuk menjaga kebersihan secara fisik agar kesehatan terjaga. Hal ini mengingat wc merupakan tempat umum.

Menjaga kebersihan tangan merupakan hal penting karena hal ini bisa meminimalisir penyebaran kuman, utamanya di tempat-tempat umum seperti wc. Bukan hanya itu saja, mencuci tangan sebelum masuk ke dalam water closet juga menunjukkan rasa hormat.

Masuk Menggunakan Kaki Kiri

Masuk ke dalam wc menggunakan kaki kiri dahulu merupakan sunnah yang sebaiknya seorang muslim lakukan. Meskipun sifatnya tidak wajib, tapi hal ini mengajarkan kesadaran akan rasa hormat pada tempat kurang suci dan penting untuk menjaga kebersihannya.

Mendahulukan kaki kiri saat masuk dan kanan saat keluar merupakan adab yang sebaiknya seorang muslim lakukan. Sayangnya, karena hal ini kesannya kecil dan mudah justru banyak orang mengabaikannya.

Menjaga Tutur Bicara

Ketika berada di water closet sangat penting bagi seseorang untuk menjaga adab sopan santun. Termasuk menghindari pembicaraan atau perkataan tidak pantas, walaupun wc merupakan tempat yang sifatnya pribadi.

Bukan hanya itu saja, seseorang juga tidak boleh berdzikir atau menyebut asma Allah SWT saat berada di wc atau menjawab salam. Hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Bukhari Muslim.

Menggunakan Air Secukupnya

Islam tidak hanya mengatur tentang cara masuk ke dalam dan keluar wc saja, tapi agama ini juga mengajarkan umat muslim mengenai bersuci dan tata aturan penggunaan air untuk membersihkan diri dari hadas.

Pada dasarnya ada beberapa benda yang bisa seseorang gunakan bersuci, seperti batu dan debu. Namun, air menjadi media paling baik untuk membersihkan sesuatu. Tapi perlu Anda ingin dalam penggunaannya tidak boleh berlebihan.

Penting sekali bagi seseorang untuk menerapkan semua adab ketika masuk ke dalam wc. Karena pada dasarnya, agama Islam sangat menganjurkan agar menjaga tata krama serta sopan santun walaupun ketika berada di dalam water closet.

Berbagai Macam Sunnah Saat Berada di WC

doa masuk kamar mandi

Water closet merupakan tempat yang seringkali orang-orang anggap kotor dan negatif. Namun, tahukah Anda bahwa ada amalan-amalan sunnah bisa seseorang lakukan di wc yakni seperti berikut:

Jangan Berlama-lama

Tidak boleh berlama-lama saat berada di wc merupakan salah satu sunnah yang sebaiknya seseorang lakukan. Jika telah selesai buang air kecil atau hajat, akan lebih baik supaya Anda segera keluar.

Merujuk pada hadits Ahmad dan Ibnu Majah, Rasulullah SAW mengingatkan bahwa setan akan hadir di tempat-tempat buang hajat. Oleh sebab itu, segerakanlah urusan ketika berada di water closet dan mintalah perlindungan Allah SWT.

Berjongkok Saat Buang Air Kecil

Hal lain yang menjadi sunnah saat berada di wc yakni berjongkok ketika buang air kecil. Anjuran ini sesuai dengan hadist riwayat Tirmidzi yang mengisahkan Aisyah RA tentang kebiasaan Rasulullah.

Sudah sepatutnya bagi umat muslim untuk mengikuti kebiasaan Rasulullah SAW saat buang air kecil. Selain itu, dengan posisi berjongkok hal ini bisa meminimalisir agar air seni yang merupakan najis tercecer kemana-mana.

Tidak Menghadap Kiblat Saat Buang Hajat

Kiblat merupakan arah bagi umat muslim untuk beribadah. Sedangkan ketika seseorang buang hajat ibarat kata sedang berada dalam keadaan berhadats. Oleh sebab itu, sebaiknya menghadaplah utara atau selatan.

Menurut beberapa ulama besar sepakat bahwa seseorang dilarang untuk buang hajat menghadap kiblat. Utamanya jika orang itu berada di luar ruangan. Namun, dalam kondisi khusus boleh mengarah ke barat tapi setelah itu mintalah pengampunan Allah SWT.

Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan water closet dan sekitarnya merupakan salah satu sunnah yang bisa seseorang lakukan saat berada di toilet. Meskipun hal ini kesannya sederhana tapi nyatanya banyak manfaatnya.

Islam merupakan agama yang cinta akan kebersihan. Maka dari itu, sudah sepatutnya seorang muslim untuk mengamalkan sunnah salah satunya dengan menjaga kebersihan wc dan diri. Selain demi menjaga kesehatan, hal ini juga bisa membuat nyaman penggunanya.

Itulah beberapa amalan sunnah yang sebaiknya seorang muslim lakukan. Mungkin banyak orang tidak mengira jika ada hal-hal bisa umat Islam lakukan untuk mendapat kebaikan walaupun di tempat kotor sekalipun.

Alasan Penting Membaca Doa Masuk WC dan Keluar WC

doa keluar wc dan artinya

Agama Islam menganjurkan sesuatu tentu bukan tanpa alasan dan dasar yang jelas. Termasuk mengenai membaca doa masuk wc dan keluar wc. Ada beberapa alasan penting mengenai amalan ini yakni meliputi:

Terhindar dari Gangguan Jin Jahat

Sebelum telah dipaparkan sekilas bahwa di tempat-tempat seperti wc merupakan tempat yang nyaman untuk setan tinggal. Seperti diketahui bahwa jin-jin ini memiliki tugas untuk menggoda manusia agar mau melakukan hal buruk.

Oleh sebab itu, penting bagi seseorang untuk membaca doa sebelum memasuki tempat-tempat setan tinggal dan meminta perlindungan kepada Allah SWT agar dijauhkan dari hal-hal buruk.

Menjaga Keimanan

Selain menjaga kebersihan fisik, penting juga bagi seorang muslim untuk memperhatikan kondisi spiritualnya. Dalam hal ini maksudnya adalah keimanan yang merupakan tugas mutlak bagi umat muslim.

Semakin sering seseorang membaca doa dan mengingat akan kehadiran Allah SWT secara tidak langsung dapat meningkatkan keimanan. Ketika benteng ketaqwaan tinggi maka musuh dalam hal ini adalah setan akan kesulitan untuk menjerumuskan dalam hal buruk.

Demikianlah ulasan seputar bacaan doa masuk wc dan keluar wc lengkap dengan makna dari polresbadung.id, alasan penting membacanya serta sunnah saat berada di water closet. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan dan dapat meningkatkan keimanan pembaca khususnya umat muslim.

Baca Artikel Lainnya:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Polresbadung.id