Niat Sholat Taubat Nasuha Zina 2 Rakaat: Tata Cara & Manfaat

Niat Sholat Taubat Nasuha Zina 2 Rakaat: Tata Cara & Manfaat – Beberapa tahun belakangan banyak beredar berita tentang tindak asusila dan zina yang semakin marak. Tentunya kejadian ini sangat memprihatinkan serta memerlukan perhatian khusus dari berbagai elemen masyarakat.

Menelisik lebih dalam mengenai kasus ini banyak orang berasumsi bahwa semua itu terjadi karena lemahnya pondasi keagamaan. Spiritualitas memang mempengaruhi tingkah laku seseorang, termasuk dalam mengendalikan hawa nafsu.

Lemahnya pondasi keagamaan dan kemajuan teknologi yang pesat semakin memperlebar ruang bagi orang-orang masuk ke dalam lembah zina tanpa sadar. Berawal dari hal kecil seperti pacaran. Padahal agama Islam sangat melarang perbuatan itu.

Al Quran sendiri sebenarnya sudah menggambarkan kondisi buruknya generasi saat ini di surat Maryam ayat 59. Meskipun begitu, Allah SWT masih memberikan hidayah bagi umatnya yang mau menyadari kesalahannya dan kekhilafannya dari sekian banyak pelaku zina.

Pada dasarnya khilaf merupakan sifat manusia. Oleh sebab itu, Allah tetap mengampuni dosa-dosa orang yang mau memohon pengampunan sekalipun telah melakukan kesalahan besar seperti bersundal dengan melakukan niat sholat taubat zina secara nasuha.

Niat Sholat Taubat Nasuha Zina 2 Rakaat

niat sholat taubat dan tata caranya

Sholat taubat dalam Islam merupakan ibadah penting yang berfungsi sebagai sarana memperbaiki diri, membersihkan dosa, dan mendapatkan pengampunan Allah. Taubat bukan hanya pengakuan dan penyesalan atas kesalahan, tetapi juga komitmen untuk berubah dan memperbaiki diri secara menyeluruh. Proses ini dimulai dengan niat yang tulus dan sungguh-sungguh.

Niat sholat taubat zina mencakup pengakuan dan penyesalan atas dosa-dosa yang telah dilakukan, berjanji untuk tidak mengulangi kesalahan tersebut dan memperbaiki diri, serta memiliki tekad kuat untuk memperbaiki hubungan dengan sesama manusia. Melalui niat ini, seseorang merasakan keberuntungan dengan mendekatkan diri kepada Allah dan merasakan kelegaan dari beban dosa.

Manfaat dari sholat taubat mencakup pembersihan hati dan jiwa, penguatan hubungan dengan Allah, dan perubahan positif dalam kehidupan sehari-hari. Ketika seseorang berkomitmen melakukan taubat, ia belajar untuk bertanggung jawab atas tindakannya dan menerapkan nilai-nilai agama dalam kehidupan nyata.

Taubat dalam Islam bukanlah sekadar mengakui kesalahan atau menyesali perbuatan yang telah dilakukan, tetapi juga melibatkan komitmen untuk berubah, meninggalkan dosa, serta memperbaiki diri secara menyeluruh. Taubat yang tulus adalah pintu masuk menuju rahmat dan pengampunan Allah SWT.

Dalam Al-Qur’an, Allah SWT berfirman, “Dan bertaubatlah kamu kepada Allah, hai orang-orang yang beriman, agar kamu mendapat keberuntungan” (QS. An-Nur: 31). Adapun niat sholat taubat zina versi lengkap adalah sebagai berikut:

“Nawaitu shalata taubatin ‘an zambin fulan, allahi ta’ala min jami’il khatiati, as’alullah al-‘azhimu rabbil ‘arshil azhim an yaghfirali dzunubi, innahu huwal ghafurur rahim.”

Artinya:

“Saya berniat melaksanakan sholat taubat karena dosa zina yang sudah saya lakukan, kepada Allah SWT yang Maha Tinggi dari segala dosa, saya memohon ampunan dari Allah SWT, Pemilik Arsy yang Agung, agar Dia mengampuni dosa-dosaku, sesungguhnya Dia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Pengertian dan Makna Sholat Taubat Zina

niat sholat taubat nasuha

Sebelum membahas lebih dalam mengenai panduan niat sholat taubat zina 2 rakaat penting bagi Anda memahami pengertiannya. Jelas seperti namanya, ibadah ini dilakukan sebagai upaya untuk mendapatkan pengampunan dari sang ilahi atas dosa yang telah dilakukan.

Seperti telah disinggung sebelumnya bahwa zina merupakan salah satu jenis dosa besar. ibadah ini dilakukan oleh seorang muslim sebagai bentuk penyesalan dan upaya untuk membersihkan diri.

Namun, perlu dipahami bahwa sholat ini bukanlah hal yang sifatnya wajib. Melainkan sebuah amalan yang dianjurkan supaya dilakukan sebagai sarana untuk menebus dosa. Ibadah tersebut merupakan taubat nasuha yang dilakukan dengan niat kuat dan sungguh-sungguh.

Apakah Dosa Zina Bisa Diampuni?

Zina merupakan dosa yang teramat besar dan Allah SWT sangat membencinya, oleh sebab itu agama Islam melarang keras bagi kaum muslim mendekati perbuatan tersebut. Pasalnya, tindakan tercela ini bisa mendatangkan kemudharatan.

Bicara lebih dalam mengenai zina pada dasarnya terbagi menjadi beberapa kategori tergantung bagian tubuh mana yang melakukan. Walau begitu, tindakan tersebut pasti mendatangkan dosa. Oleh sebab itu, setiap muslim seharusnya berhati-hati dan senantiasa menjaga hawa nafsu.

Lalu apakah dosa zina bisa diampuni? Insyaallah dengan niat yang sungguh-sungguh ingin bertaubat Tuhan akan memaafkan hambanya. Hal ini sesuai dengan Firman Allah SWT dalam surat An-Nisa ayat 116.

اِنَّ اللّٰهَ لَا يَغْفِرُ اَنْ يُّشْرَكَ بِهٖ وَيَغْفِرُ مَا دُوْنَ ذٰلِكَ لِمَنْ يَّشَاۤءُ ۗ وَمَنْ يُّشْرِكْ بِاللّٰهِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلٰلًا ۢ بَعِيْدًا

Artinya: Allah tidak akan mengampuni dosa syirik (mempersekutukan Allah dengan sesuatu), dan Dia mengampuni dosa selain itu bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan barangsiapa mempersekutukan (sesuatu) dengan Allah, maka sungguh, dia telah tersesat jauh sekali.

Pentingnya Meraih Pengampunan Ilahi dalam Islam

niat sholat taubat 2 rakaat

Mendapatkan pengampunan sang Ilahi tentu sangat penting terutama bagi kaum muslim karena semua itu menjadi dasar hubungan antara manusia dengan Tuhannya. Disisi lain terdapat beberapa alasan krusial memperoleh maaf dari Allah SWt, diantaranya:

Kesadaran akan Dosa

Setiap manusia pasti pernah melakukan dosa baik sengaja maupun tidak. Oleh sebab itu, teramat penting sebagai makhluk yang berakal untuk memohon pengampunan kepada sang khalik dan terus berusaha memperbaiki kualitas diri.

Mendapatkan Rahmat dan Berkah

Tentunya semua orang ingin mendapatkan rahmat dari sang pencipta. Hal tersebut bisa didapatkan apabila seseorang mau bertobat, karena pengampunan yang diberikan oleh Allah SWT akan mendatangkan keberkahan di kehidupan.

Meningkatkan Ketakwaan

Ketika seseorang mau memohon pengampunan dan menyadari akan dosa-dosa yang telah diperbuat, secara tidak langsung hal itu memperkuat ikatan spiritual manusia dengan penciptanya.

Ketenangan Jiwa

Dosa-dosa besar yang telah diperbuat secara tidak langsung membuat seseorang terbebani sehingga mengganggu ketenangan. Namun, semua persoalan itu akan hilang apabila seseorang mendapatkan pengampunan dari sang ilahi sehingga jiwa menjadi lebih tentram.

Kesempatan Masuk Surga

Semua umat muslim tentu memimpikan surga. Tetapi, keinginan tersebut hanyalah bayangan semu jika Allah SWT tidak mengampuni dosa-dosa yang dilakukan seseorang selama hidup. Oleh sebab itu, teramat penting mendapatkan maaf sang ilahi.

Itulah beberapa alasan yang menjadi dasar pentingnya mendapat pengampunan dosa dari Allah SWT dalam Islam. Oleh sebab itu, jangan merasa bosan atau lelah untuk senantiasa meminta maaf kepada sang Ilahi.

Tahapan & Tata Cara Sholat Taubat Zina

niat sholat taubat zina

Tadi sudah sedikit disinggung bahwa ibadah ini sedikit berbeda dengan lainnya, begitu pula dengan tata caranya. Berikut ini terdapat tahapan sholat taubat zina yang wajib dilakukan diantaranya seperti:

Niat

Niat merupakan dasar utama dari sebuah ibadah. Oleh sebab itu, hal pertama yang harus dilakukan yaitu berniat dengan tulus dari dalam hati untuk melakukan sholat taubat zina dengan tujuan meminta pengampunan sang ilahi.

Berikut adalah niat sholat taubat:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَّوْبَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Bacaan Latinya: “Ushollii sunnatat taubati rok’ataini lillaahi ta’aalaa.”

Artinya: “Aku berniat melakukan sholat sunnah taubat dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

Sholat Sunnah

Jika ingin melakukan ibadah taubatan nasuha ini sebaiknya lakukan dahulu tahajud. Sholat sunnah yang dilakukan ketika waktu malam tersebut sebagai bentuk persiapan spiritual ydan akan memperkuat koneksi antara diri dengan sang maha pencipta.

Taubat

Saat melakukan taubatan nasuha tanamkan niat yang sungguh-sungguh dalam hati bahwa Anda tidak akan mengulangi perbuatan zina lagi. Pasalnya, penyesalan yang sesungguhnya itu datang dari diri diiringi dengan komitmen.

Doa dan Istighfar

Ketika melaksanakan sholat taubat zina perbanyaklah untuk memanjatkan doa agar Allah SWT mengampuni dosa yang pernah dilakukan dengan penuh kerendahan diri. Anda juga dapat melafalkan istighfar sebagai bentuk permohonan dan penyesalan.

Komitmen

Penting bagi seorang muslim yang ingin melakukan sholat taubat zina memahami bahwa ibadah ini bukanlah sekedar formalitas, tetapi harus beriringan dengan keteguhan hati. Tidak cukup sampai situ saja, Anda juga harus memiliki keinginan memperbaiki diri.

Enam tahapan ini sangat penting untuk Anda pahami sebelum melakukan sholat taubat zina. Hal itu karena sebuah ibadah tidak akan sempurna apabila tidak sesuai dengan rukun dan syariatnya

Manfaat Sholat Taubat Zina

doa niat sholat taubat

Sejauh ini banyak orang yang melakukan sholat taubat untuk mendapatkan pengampunan atas dosa besar karena zina. Namun, tidak sedikit yang belum mengetahui bahwa ibadah ini juga memiliki segudang manfaat seperti berikut:

Mendekatkan Diri Kepada Sang Ilahi

Salah satu manfaat yang paling utama dengan melakukan sholat taubat zina yaitu semakin dekat dengan sang ilahi. Ibadah ini sebagai perwujudan atas pengabdian dan kerinduan yang mendalam bagi seorang hamba kepada Tuhan.

Membersihkan Diri

Sholat taubat zina juga bisa Anda lakukan sebagai sarana membersihkan diri dari dosa, baik kecil maupun besar. Setelah melakukan ibadah ini seseorang akan merasa lebih lega dan memperoleh kekuatan memulai lembaran baru dalam kehidupan.

Menebus Dosa

Selain sebagai sarana untuk membersihkan diri dari dosa atas kesalahan yang telah Anda lakukan, ibadah ini juga bisa menjadi bentuk penebusan dosa asalkan seseorang berniat dengan sungguh-sungguh agar mendapat pengampunan.

Meningkatkan Kesadaran dan Keimanan

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan sholat taubat zina yakni meningkatkan keimanan. Semakin bertaqwa seseorang pada Tuhannya maka kesadaran untuk menjauhi perbuatan yang terlarang juga bertambah tinggi.

Banyak sekali manfaat yang bisa seseorang dapatkan ketika melakukan sholat taubat zina. Semoga setelah mengetahui hal ini dapat menjadi motivasi sehingga semakin rajin melakukan ibadah sunnah lainnya.

Tata Cara Sholat Taubat Zina

bacaan niat sholat taubat

Sekilas telah disebutkan bahwa taubatan nasuha karena telah melakukan perbuatan zina berbeda dengan ibadah wajib pada umumnya. Namun, dalam hal ini terdapat tata cara umum sholat taubat secara umum yakni meliputi:

Bersuci

Hal pertama yang harus Anda lakukan yakni thaharah dalam hal ini bisa berwudhu atau mandi junub dahulu sesuai dengan kondisi masing-masing. Pastikan bahwa sebelum melakukan sholat taubat zina Anda sudah dalam keadaan suci.

Sangat penting untuk dipahami bahwa sholat taubat zina tidak akan sah jika tubuh, tempat atau pakaian seseorang dalam keadaan najis. Hal tersebut sesuai dalil dalam Surat Al-Muddatsir ayat 4 dan penjelasan Ibnu Sirin di buku Seri Fiqih kehidupan jilid.

Niat

Setelah memastikan dalam keadaan suci berikutnya jangan lupa untuk berniat melakukan sholat taubat zina. Tanamkan keinginan dalam hati memohon pengampunan atas dosa besar yang telah Anda lakukan.

Membahas mengenai niat sebenarnya secara pelafalan tidak jauh berbeda dengan lainnya. Namun, jika ingin lebih detailnya Anda dapat belajar dari buku panduan sholat lengkap karya Saiful Hadi El-Sutha seperti berikut:

Membaca Doa dan Takbiratul Ihram

Ketika selesai berniat sebaiknya melafalkan surat Al A’raf ayat 23. Anda dapat membaca doa ini sebelum melakukan takbiratul ihram yang pertama. Akan lebih baik lagi, jika Anda mau memahami arti yang terkandung di dalam bacaan tersebut.

Inti dari surat Al A’raf ayat 23 mengandung permohonan seorang hamba agar Tuhan mengampuni dosa atas kesalahan dan meminta rahmat sang ilahi. Selesai membaca doa tersebut, berikutnya sambung dengan takbiratul ihram.

Membaca Doa Iftitah dan Al Fatihah

Tidak jauh berbeda dengan sholat umumnya, setelah melakukan takbiratul ihram langkah berikutnya yaitu membaca doa iftitah. Bacalah secara perlahan dengan penuh seksama dan khusyuk.

Kemudian membaca surat Al Fatihah. Tentunya bagi umat muslim membaca surat Al Fatihah bukan perkara sulit dan bisa melafalkannya secara lancar. Supaya lebih sempurna, ucapkan dengan perlahan tidak perlu terburu-buru dan penuh penghayatan.

Membaca Surat Pendek

Anda dapat memilih surat pendek apapun dalam Al Quran untuk dibaca. Pada dasarnya menurut beberapa ulama belum ada larangan melafalkan ayat-ayat tertentu saat sholat taubat zina karena tidak terdapat petunjuk jelas mengenai hal ini dari Rasulullah.

Namun, menurut beberapa sumber menganjurkan supaya melafalkan Al Ikhlas dan Al Kafirun. Tentunya hal ini bukan tanpa dasar. Semua itu merujuk pada kebiasaan Rasulullah saat melakukan sholat sunnah dan membaca kedua surat pendek tersebut.

Ruku, I’tidal dan Sujud

Tuntas membaca surat pendek berikutnya yaitu ruku, i’tidal kemudian sujud. Bacaan pada setiap gerakannya sama seperti ketika melakukan sholat wajib lima waktu dan ibadah sunnah lainnya.

Ketika melakukan sujud panjatkan doa dengan penuh penyesalan, kerendahan diri dan ketulusan untuk memohon pengampunan dari sang ilahi. Kerjakan hal tersebut secara sungguh-sungguh dan khusuk.

Tasyahud dan Salam

Bacaan saat melakukan tasyahud awal maupun akhir masih sama seperti doa ketika mengerjakan sholat wajib. Setelah itu, salam menjadi penutup dari rangkaian ibadah taubatan nasuha ini.

Teramat penting bagi Anda untuk mengetahui bahwa salam dalam sholat taubat zina bukan hanya sekedar gerakan atau bacaan saja. Tetapi, juga membutuhkan penghayatan akan maknanya.

Waktu Melakukan Sholat Taubat Zina

niat sholat taubat dan doanya

Pada dasarnya tidak ada batasan waktu khusus untuk melakukan taubat zina, karena ibadah ini hukumnya sunnah jadi Anda bisa melakukannya kapan saja tanpa terikat tempat atau apapun. Tetapi, ada beberapa kesempatan utama melaksanakannya yaitu:

Sesegera Mungkin Setelah Melakukan Zina

Anda bisa mengerjakan sholat taubat zina kapan saja, kecuali pada waktu-waktu khusus yang agama larang. Namun, alangkah lebih baik apabila seseorang sesegera mungkin melakukan ibadah ini setelah menyadari kesalahannya.

Apabila Anda telah menyadari melakukan kekhilafan bersegeralah mengambil air lalu mandi besar dan berniat bersuci kemudian berwudhu selanjutnya menunaikan sholat taubat untuk memohon pengampunan dari Allah SWT.

Sepertiga Malam Terakhir

Salah satu waktu yang utama mengerjakan sholat taubat zina yakni sepertiga malam terakhir tepatnya sebelum tahajud. Moment ini ibarat kata seperti kesempatan emas karena doa menjadi mustajab. Lebih baik lagi jika Anda melakukan amalan ini bersama sholat tahajud.

setelah itu disusul dengan melaksanakan sholat tahajud. Hal itu akan semakin menambah kedekatan antara hamba dan Tuhannya. Melakukan ibadah di tengah malam juga membuat seseorang lebih khusyuk.

Waktu Dhuha

Selain sepertiga malam terakhir, waktu paling baik untuk mengerjakan sholat taubat zina yakni ketika dhuha. Pasalnya, di kesempatan ini Allah akan mengabulkan doa orang-orang ketika kebanyakan manusia tengah sibuk dengan aktivitas dunia.

Sama halnya seperti malam hari, ibadah ini akan semakin bagus apabila Anda mengerjakannya bersama dhuha. Sebab, amalan awwabin pada pagi hari ini layaknya sholatnya orang-orang yang ingin kembali dan mendekatkan diri kepada sang ilahi.

Itulah tiga waktu yang paling bagus untuk melakukan sholat sunnah taubat zina. Ulasan singkat di atas bisa menjadi pedoman ketika hendak mengerjakan ibadah ini sehingga doa yang dipanjatkan segera terkabul.

Tips agar Tidak Terbelenggu Lubang Zina

niat sholat taubat nasuha zina

Pada dasarnya Islam mengajarkan banyak hal mengenai kehidupan salah satunya yakni cara agar tidak terbelenggu ke dalam lubang zina. Berikut ini ada beberapa amalan yang bisa menjadi benteng dari perbuatan mudharat itu yakni:

Menutup Aurat dan Menjaga Pandangan

Menjaga aurat merupakan sebuah kewajiban terutama bagi para muslimah. Perintah ini sesuai dengan Allah SWT tuangkan dalam surat An Nur ayat 31. Tentunya ada alasan kenapa agama sangat menganjurkan hal itu, salah satu alasannya menghindarkan diri dari fitnah.

Selain itu, menjaga pandangan juga menjadi cara ampuh untuk menghindari zina. Mata merupakan anggota badan yang menjadi jendela munculnya hawa nafsu seseorang. Ketika indera penglihatan terjaga itu bisa mencegah bagian lainnya melakukan kemaksiatan.

Menjauhi Tempat Berbau Maksiat dan Rajin Beribadah

Menghindari tempat-tempat berbau maksiat merupakan hal wajib karena banyak godaan yang bisa menjebak siapapun agar masuk ke lubang maksiat. Oleh sebab itu, amat penting untuk tidak mendekatinya.

Selain menjauhi tempat maksiat, Anda juga dapat membentengi diri dengan rajin beribadah. Memperbanyak istighfar, puasa dan menjaga sholat wajib lima waktu bisa menjadi perisai alami dari Allah SWT agar terhindar dari belenggu zina.

Tidak Berkhalwat dan Menambah Ilmu Agama

Menjaga batasan antara perempuan dan laki-laki itu sangat penting utamanya di tempat-tempat sepi, dalam waktu yang lama dan tidak ada mahrom. Kondisi ini akan menjadi peluang bagi setan untuk menghasut.

Memperdalam ilmu agama juga bisa menjadi benteng kuat bagi seseorang agar terhindar dari perbuatan zina. Pengetahuan akan larangan dan kesadaran terhadap dosa bisa bekal untuk meningkatkan keimanan serta ketaqwaan.

Akhir Kata

Melakukan sholat taubat bukanlah sekadar kewajiban ritual yang dilakukan secara rutin, tetapi sebuah ikhtiar untuk memperbaiki diri dan mendapatkan pengampunan-Nya. Ibadah ini memerlukan kesadaran dan keikhlasan yang tinggi dari setiap individu yang melakukannya. Sholat taubat adalah perjalanan spiritual yang melibatkan refleksi, penyesalan, dan niat yang tulus untuk berubah.

Demikianlah ulasan dari Polresbadung.id mengenai niat sholat taubat zina. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan Anda dalam memperdalam ilmu agama dan menjadi jalan untuk mendapat pengampunan dari sang Allah SWT. Share artikel ini agar bisa lebih bermanfaat buat pengguna lainnya, Terimakasih.

Baca Artikel Lainnya:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Polresbadung.id