Berbagai Ukuran ID Card Yang Benar Sesuai Standar Kebutuhan

Polresbadung.id – Ada banyak ukuran ID card, mulai dari kecil, sedang, hingga ukuran besar. Tentunya setiap ukuran memiliki fungsinya masing-masing. Id card sendiri merupakan sebuah tanda pengenal, baik itu untuk sebagai diri sendiri, karyawan, mahasiswa, atau yang lainnya.

Mengingat fungsi ID card adalah sebagai tanda pengenal maka keberadaan benda ini termasuk penting. Misalnya dalam kasus ketika seorang karyawan tidak memiliki tanda pengenal, maka orang lain di dalam kantor itu bisa saja tidak menyadari posisinya.maka dari itu alangkah baiknya setiap orang memiliki ID card.

Id card sendiri juga memiliki banyak jenis, pada dasarnya pembagian kelompok ini hanya berdasarkan desain atau tujuan penggunaan. Misalnya seperti id card sekolah, id card kantor, id card pengunjung, dan lain sebagainya. Masing-masing id card juga bisa memiliki teknologi atau chip tambahan sesuai kebutuhan.

Beberapa orang menganggap bahwa id card adalah sama dengan kartu nama. Padahal dari sisi tampilan dan fungsinya pun jauh berbeda. Kartu nama juga merupakan identitas, namun tujuannya untuk melakukan networking dengan kolega atau rekan bisnis.

Berdasarkan hal itulah maka dalam dunia profesional harus memiliki keduanya, id card dan kartu nama. Jadi ketika mereka pergi keluar dan bertemu dengan kolega bisnis baru maka bisa bertukar kartu nama. Kemudian bila pergi ke acara kantor dan bertemu dengan rekan dari divisi lain maka bisa menunjukkan id card.

Berbagai Ukuran ID Card Berdasarkan Kebutuhan

ukuran id card panitia

Sebelumnya penulis sudah menyampaikan bahwa id card memiliki banyak ukuran. Pengelompokan ukuran ini bukan hanya berdasarkan ukurannya melainkan standar penggunaan. Tentu dunia internasional dengan Indonesia memiliki standar penggunaan ukuran sebuah id card yang berbeda.

Ukuran ID Card Karyawan Perusahaan

Rata-rata perusahaan di Indonesia berpaku pada satu ukuran sebuah id card yang sama yaitu kertas B1 – B6. Namun pada dasarnya masing-masing perusahaan tetap memiliki kebebasan menentukan ukurannya. Adapun untuk ukuran tanda pengenal di kertas B1 adalah 8.5 x 5.5 cm dan B2 ialah 10.5 x 7 cm.

Kemudian ada juga ukuran B3 10.5 x 8.5 cm, B4 13.5 x 9.5 cm, dan B5 17.6 x 25 cm. Selain itu tersedia pula ukuran lebih besar yaitu kertas B6 dengan ukuran 12.5 x 17.6 cm. Pemilihan ukuran ini biasanya berdasarkan kegunaan, cara menggunakan, dan kemudahan penggunaan dalam kegiatan kantor.

Ukuran ID Card Standar Internasional

Ukuran tanda pengenal ini juga tersedia dalam standar internasional. Artinya ukuran yang biasa berlaku di perusahaan besar atau multi-company internasional. Standar ukuran ini diatur langsung oleh International Organization of Standar atau ISO. Organisasi inilah yang mengatur banyak standar di dunia.

Adapun standar ukuran tanda pengenal atau id card menurut ISO adalah 15 mm x 25 m atau sama dengan 1.5 cm x 2.5 cm. Ada juga yang mengatakan bahwa ISO memberlakukan ukuran kertas untuk tanda pengenal adalah 125 x 88 mm atau setara dengan 12.5 cm x 8.8 cm.

Ukuran ID Card Standar Nasional

Pada dasarnya ukuran standar id card di Indonesia mengacu pada standar ISO. melalui kebijakan itu maka berbagai kartu tand apengenal di Indonesia memiliki ukuran yang sama dengan kartu di negara lainnya. Misal pada KTP memiliki ukuran 8.56 cm x 5.4 cm, ukuran ini juga berlaku pada kartu lainnya.

Ukuran kartu seperti ini dikenal lebih sederhana dan pas, tidak terlalu besar namun juga tidak kecil. Orang akan mudah membaca tulisan di dalamnya yang mana merupakan data diri pemilik. Selain itu juga tidak memberikan terlalu banyak ruang kosong dan bahkan juga cocok masuk ke saku dompet.

Ukuran ID Card Seperti KTP atau Kartu ATM

Sebagaimana yang penulis sampaikan di atas, ukuran KTP dan kartu ATM mengikuti standar ISO. Kedua kartu ini memiliki ukuran sekitar 8.5 cm x 5.5 cm. Jika Anda ingin membuat kartu identitas untuk perusahaan atau organisasi maka bisa coba mengikuti ukuran seperti ini.

Melalui ukuran yang sama dengan kebanyakan kartu lainnya maka id card buatan Anda juga bisa masuk ke saku dompet. Selain itu penggunaanya juga mudah, bisa masuk ke dalam case atau lanyard pelindung id card. Jadi tidak memiliki ukuran beda sendiri karena itu bisa menyulitkan penggunaannya.

Ukuran ID Card Untuk Kartu Pelajar

Sama seperti KTP dan kartu ATM, biasanya kartu pelajar juga menggunakan standar IOS dalam pembuatan kartunya. Artinya ukuran kartu pelajar ini sekitar 55 x 86 cm, hanya penempatan layoutnya saja yang bisa Anda pilih. Misalnya seperti penulisan data secara vertikal atau horizontal.

Id card untuk pelajar sendiri juga sangat penting sebagai tanda pengenal setiap siswa atau mahasiswa. Di sisi lain id card pelajar juga bisa menjadi kunci akses ke berbagai ruangan di gedung sekolah atau kampus. Jadi tidak hanya sebagai tanda pengenal yang menggantung di leher saat siswa beraktifitas.

Ukuran ID Card Untuk Kartu Panitia atau Name Tag

Dahulu hampir seluruh kartu panitia atau name tag memiliki ukuran yang lebih besar dari tanda pengenal biasanya. Tujuannya ialah untuk memudahkan pembaca mengenal orangnya dari jarak jauh. Namun makin ke sini, beberapa organisasi atau kelompok menggunakan ukuran sesuai ISO untuk id card mereka.

Di sisi lain, Anda tetap bisa menggunakan ukuran standar id card panitia dalam berbagai macam. Ada yang 9.5 cm x 11.9 cm, 9.7 cm x 13.7 cm, dan 8.5 cm x 11.9 cm. Semuanya bisa panitia sesuaikan dengan kebutuhan mereka, apakah harus terlihat lebih mudah di mata orang lain atau tidak.

Klasifikasi Ukuran ID Card Berdasarkan Kertas

ukuran id card b2

Ukuran ID Card juga terbagi menjadi beberapa macam berdasarkan jenis kertas yang mereka gunakan. Biasanya menggunakan kertas seri B, mulai dari B1 – B4 namun ada juga yang menggunakan kertas A1 – A2. Berikut penjelasan lebih lengkap mengenai ukuran tanda pengenal berdasarkan ukuran kertasnya.

Kertas B1

Ukuran kertas B merupakan salah satu jenis yang sesuai dengan standar ISO. Seri B ini memiliki ukuran yang sedikit lebih besar daripada A pada indeks yang sama. Kertas seri B terdiri dari 10 – 12 jenis yaitu B1 – B10. Ketika Anda membutuhkan kertas seri B untuk id card mungkin bisa menggunakan B1.

Adapun ukuran B1 adalah sekitar 10.2 cm x 6.5 cm dan biasanya ukuran ini berlaku di seluruh brand kertas. Namun pengguna bisa juga menggunakan kertas ukuran lain kemudian membuat desain sesuai ukuran B1. Setelah proses print maka lanjut ke pemotongan kertas sesuai pola dan ukuran sesuai.

Kertas B2

Selain B1, beberapa orang atau perusahaan dan organisasi juga menggunakan id card dengan ukuran seperti kertas B2. Kertas seri B2 ini memiliki ukuran yang lebih besar dari B1 yaitu sekitar 12.6 – 7.9 cm. Melalui ukuran yang lebih besar maka tulisan atau konten di dalamnya bisa lebih mudah terbaca.

Selain itu kertas ukuran ini juga bisa menampung lebih banyak informasi, namun menggunakan ukuran font yang lebih kecil. Jika pengguna melakukan hal itu maka kekurangannya adalah orang lain tidak mudah membaca informasinya. Mereka harus mendekatkan diri dan melihat dari jarak dekat dan ini tidak efisien.

Kertas B3

Ukuran kertas kali ini hanya berbeda sedikit dengan B2 yaitu B3 memiliki ukuran 12.6 cm x 9.5 cm. Biasanya penggunaan ukuran kartu seperti ini terjadi pada acara yang bersifat lebih eksekutif. Siapa saja bisa menggunakan, mulai dari panitia acara, pekerja, atau tamu undangan atau orang lain dalam acara tersebut.

Namun pastinya jarang sekali panitia acara memberikan id card ini pada tamu undangan. Kecuali jika memang konsep acaranya seperti gathering atau pertemuan bersama dalam 1 perusahaan besar. Terlepas dari itu, Anda dapat menggunakan ukuran kartu ini dalam kegiatan apapun.

Kertas B4

Lanjut ke jenis kertas seri B lainnya yaitu B4 dengan ukuran 13.5 x 9.5. Kertas dengan ukuran ini tentunya lebih besar daripada ukuran sebelumnya. Pengguna bisa memberikan berbagai informasi identitas di dalamnya. Selain itu pemilihan desain atau peletakan layout informasi juga bisa bebas.

Biasanya pengguna melindungi id card dari kertas B4 ini menggunakan plastik khusus pelindung kartu yang berukuran 15cm x 10.5 cm. Melalui kukuran itu maka seluruh bentuk kertas bisa masuk ke dalam plastik. Pengguna tidak perlu melipatnya atau khawatir ada bagian yang lecek ketika proses masuk ke plastik.

Kertas A1

Mungkin banyak orang berpikiran bahwa kertas seri A memiliki ukuran yang lebih besar. Namun ada beberapa jenis kertas seri A dengan ukuran yang lebih kecil dan bisa Anda gunakan untuk id card. Misalnya seperti kertas A1 ini yang berukuran 10 cm x 6.8 cm.

Ukuran itu cocok digunakan sebagai id card dengan berbagai layout atau tata letak. Namun biasanya orang-orang menggunakan kertas ini dalam bentuk landscape, mendatar, atau horizontal. Jadi penulisan kontennya menyamping dan bisa lebih panjang, tidak menumpuk ke bawah.

Kertas A2

Selain A1 ada juga kertas seri A yang bisa menjadi ukuran untuk cetak id card. Kertas A2 ini memiliki ukuran 10.6 cm x 8.2 cm. Melalui ukurannya yang hampir sama dengan A1 maka penggunaannya pun sama, biasa seperti horizontal atau mendatar. Namun pengguna juga bebas dan bisa menggunakan secara potrait.

Melalui ukuran kertas yang lebih besar ini maka Anda bisa mengisinya dengan informasi lebih banyak. Misal seperti nama panjang, nama panggilan, jabatan, hobi, dan lain sebagainya. Melalui informasi yang beragam ini maka penggunaan id card A2 lebih cocok untuk acara santai seperti MPLS atau gathering karyawan.

Cara Membuat Ukuran ID Card Standar dan Name Tag

ukuran id card b4

Sesungguhnya pembuatan id card atau name tag ini sangat mudah. Bahkan oran tidak bisa desain sekalipun bisa melakukannya. Terlebih lagi sudah ada banyak aplikasi edit foto atau media lainnya yang memfasilitasi pembuatan id card. Berikut panduan sederhana yang bisa Anda ikuti untuk membuat id card.

Menentukan Ukuran ID Card

Sebelumnya sudah tertera penjelasan lengkap mengenai macam-macam ukuran sebuah id card. Kini Anda hanya perlu memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Jika ingin id card yang lebih profesional maka bisa menggunakan ukuran standar ISO. Namun bisa juga menggunakan ukuran lainnya untuk acara biasa.

Selain perihal ukuran ini, pengguna juga perlu memperhatikan isi konten. Misalnya jika memang isi konten atau identitas dirinya hanya sedikit maka bisa gunakan ukuran kecil. Namun jika ingin memberikan lebih banyak informasi pada id card maka harus menggunakan ukuran lebih besar.

Membuat Desain

Pemilihan desain sangat penting dan harus Anda pikirkan dengan matang. Pasalnya ini akan berhubungan dengan image atau citra perusahaan dan organisasi. Selain itu juga harus menyesuaikan dengan tema acara. Di sisi lain juga mempertimbangkan aspek profesionalisme dan kesederhanaan.

Sebuah id card harus tampil sederhana agar orang mudah membaca informasi di dalamnya. Selain itu ketika penggunaan id card ada pada acara profesional, maka desainnya juga harus profesional. Hal ini membuktikan keseriusan Anda dalam memperkenalkann diri kepada orang lain di acara tersebut.

Menyisipkan Foto

Setiap id card biasanya menggunakan foto diri si pengguna sehingga bisa mengenalinya lebih mudah. Setelah memilih desain yang cocok dan menetapkan layout serta isi informasinya maka bisa langsung memberikan foto. Usahakan fotonya memiliki resolusi atau ukuran yang bagus sehingga tidak rusak.

Foto diri ini juga mengikuti dengan desain, apakah itu formal dan profesional atau bisa gaya bebas. Apabila penggunaan id card adalah pada acara formal maka tentunya gaya foto juga harus demikian. Sebaliknya, etika desain dan penggunaan id card untuk acara lebih santai maka gaya fotonya juga bisa lebih santai.

Sesuaikan Ukuran

Tahap selanjutnya ialah menyesuaikan ukuran, artinya memindahkan desain ke kertas yang lebih besar. Namun tahap ini hanya akan Anda lakukan ketika print id card menggunakan kertas lebih besar atau yang tidak semestinya. Biasanya ukuran tanda pengenalnya adalah kertas B1 namun print menggunakan A4.

Maka desain B1 itu harus Anda susun rapi lagi di layout kertas A4. Hal ini bertujuan untuk mempermudah proses pengguntingan kartu menjadi bagian lebih kecil. Selain itu juga bertujuan untuk meminimalisir white spot atau bagian-bagian kertas kosong yang tidak terisi, sehingga kertas bisa berfungsi maksimal.

Print

Lanjut ke tahap print, pengguna bisa mencetak desain id card ini menggunakan printer apapun. Pastikan tinta pada printer itu berfungsi maksimal sehingga hasilnya bisa bagus. Sebelum mencetak desain, tentunya pengguna harus menyiapkan kertas dengan ukuran yang sudah sesuai.

Perhatikan jenis kertas, tentunya id card tidak bisa menggunakan kertas HVS biasa. Minimal menggunakan kertas art paper atau kertas lain yang ketebalannya lebih baik. Hal itu bertujuan untuk mendapatkan hasil kartu yang kokoh walaupun tanpa plastik pelindung atau lanyard khusus.

Akhir Kata

ID card digunakan dalam berbagai konteks dan oleh berbagai organisasi. Misalnya, di tempat kerja, ID card karyawan sering digunakan untuk mengidentifikasi karyawan dan memberikan akses ke fasilitas atau area tertentu. Di sekolah atau universitas, ID card mahasiswa atau siswa digunakan untuk tujuan serupa.

Demikian tentang ukuran ID card yang bisa Anda ketahui, lengkap dengan panduan membuatnya. Semoga bisa menjadi manfaat bagi banyak orang, terlebih lagi mereka yang baru berkecimpung di dunia desain. Panduan ukuran tanda pengenal ini tentunya sangat penting ketika Anda mendapat tugas untuk membuatnya.

Artikel Lainnya:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Polresbadung.id