Ukuran Kartu Nama Sesuai Standar Indonesia & Internasional

Polresbadung.id – Mungkin banyak orang di zaman sekarang yang tidak mengetahui tentang kartu nama. Padahal dahulu setiap pekerja wajib memiliki kartu nama, bahkan karyawan biasa sekalipun. Benda satu ini juga memiliki banyak fungsi di dunia profesional. Ukuran kartu nama sendiri pun juga beragam, termasuk standar dan custom.

Di dunia profesional, penting bagi Anda untuk memiliki kartu nama. Pasalnya itu akan menunjukkan betapa profesionalnya diri. Selain itu kartu nama ini juga akan menjadi identitas diri yang bisa Anda tukarkan dengan milik orang lain. Alhasil pekerja dengan kartu nama bisa mendapatkan networking.

Kartu nama juga berfungsi sebagai informasi perusahaan yang mana bisa memudahkan pengguna dalam mempromosikan perusahaannya. Biasanya hal ini terjadi ketika ada rapat besar perusahaan seperti rapat pemegang saham dan lain sebagainya. Melalui kartu nama maka perusahaan berkesempatan mendapat klien baru.

Mengingat tujuan penggunaan dan fungsi dari kartu nama ini sangat banyak, maka berdampak pula pada ukurannya. Pada dasarnya ukraine kartu nama sendiri memiliki standar internasional. Namun ada juga beberapa orang atau perusahaan yang menggunakan ukuran lebih besar atau lebih kecil sesuai kebutuhan.

Berawal dari ukuran maka berlanjut juga ke pemilihan desain. Tentunya pemilihan desain ini memiliki beban tanggung jawab yang juga tinggi. Pasalnya akan mempresentasikan diri atau perusahaannya itu sendiri. Jadi alangkah baiknya untuk memilih desain terbaik, misalnya seperti profesional atau minimalis.

Fungsi Kartu Nama di Dunia Profesional

ukuran kartu nama standar

Seperti yang penulis jelaskan sebelumnya, kartu nama ini sangat penting di dalam dunia profesional atau dunia kerja. Ia memiliki banyak fungsi, tidak hanya sebagai kartu tanda pengenal namun bisa juga untuk memudahkan proses bisnis. Berikut penjelasan lebih lengkap mengenai masing-masing fungsi kartu nama.

Memudahkan Recruiter

Kartu nama bisa mempermuda recruiter atau prekrut untuk menghubungi Anda sebagai calon karyawan. Poin ini berlaku ketika Anda bertemu dengan orang baru di suatu acara atau kesempatan acak. Alih-alih memberikan kontak sosial media atau nomor whatsapp, alangkah baiknya menggunakan kartu nama.

Hal itu guna mendukung sisi profesionalisme seorang karyawan atau rekan bisnis. Di sisi lain, kartu nama ini juga akan membuat pelamar atau calon karyawan agar mudah menghubungi recruiter. Menghubungi recruiter ini jug abisa terjadi dalam banyak arti misalnya seperti menawarkan kerja sama.

Menambahkan Kepercayaan Diri

Tahukah Anda bahwa kartu nama juga bisa menambah kepercayaan diri seseorang. Ketika seorang pekerja memiliki kartunama maka ia juga akan lebih mudah mempromosikan dirinya. Di sisi lain hal ini juga bisa mencerminkan bahwa orang itu memiliki kepercayaan diri yang tinggi atas keahlian kerjanya.

Jika seseorang tidak terlalu percaya diri pada kemampuannya maka tidak akan memiliki niatan untuk membuat kartu nama. Maka dari itu, penting sekali bagi pekerja untuk memiliki kartu nama. Hal ini juga berlaku bagi perusahaan, bisa meningkatkan nilai citra sebagai company besar.

Bisa Membantu Networking Jadi Lebih Mudah

Networking adalah suatu proses untuk membangun koneksi atau hubungan dengan orang lain. Kegiatan networking ini bisa Anda lakukan dengan berbagai cara, baik itu secara offline dan online. Ketika melakukan networking tentu artinya Anda juga akan saling bertukar identitas dalam ranah profesional.

Kartu nama itulah yang termasuk sebagai identitas Anda untuk melakukan networking. Penggunaan kartu nama di dunia profesional modern ini cukup penting. Pasalnya seseorang pasti akan bertemu dengan calon rekan bisnis di situasi yang tidak mengenalnya, misalnya seperti kondisi tempat tanpa sinyal internet.

Informasi Penting dalam Kartu Nama

ukuran kartu nama cm

Sebelum mengetahui berbagai hal tentang ukuran sebuah kartu nama, alangkah baiknya untuk memahami informasinya. Di dalam sebuah kartu nama, ada beberapa informasi penting yang tidak boleh Anda lewati. Berikut penjelasan lebih lanjut yang harus Anda catat dalam satu lembar kartu nama.

Nama Lengkap dan Gelar

Informasi pertama dan juga poin pentingnya adalah nama lengkap serta gelar. Anda harus mencantumkan nama lengkap di bagian depan secara jelas. Misalnya seperti menggunakan jenis font yang berbeda, ukuran yang lebih besar, atau menggunakan format bold sehingga lebih tebal.

Jangan lupa untuk menyisipkan gelar pendidikan secara lengkap. Poin ini bisa Anda lewati jika memang tidak suka menggunakan gelar. Jadi cukup tulis nama panjang saja atau lanjutkan di bagian bawahnya dengan nama panggilan. Melalui informasi ini maka orang baru akan lebih mudah memanggil Anda.

Nomor Telepon Bisnis dan Email

Informasi selanjutnya yang juga penting adalah kontak personal, meliputi nomor whatsapp bisnis dan email. Cantumkan di bagian bawah nama secara bergantian, misalnya nomor dahulu baru sisipkan email. Kontak personal ini akan menjadi informasi penting ketika orang lain ingin menghubungi Anda.

Pastikan kontak personal yang Anda gunakan adalah nomor dan email abadi. Artinya tidak akan mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Selain itu pengguna juga harus menjaga email serta nomornya agar tidak rusak atau hilang. Misalnya dengan cara mengaktifkan nomor atau tidak melupakan password email.

Title Pekerjaan atau Keahlian yang Menggambarkan Diri

Selain kontak personal, pengguna juga bisa menyisipkan title pekerjaan atau keahlian yang menggambarkan diri sendiri. Misalnya jika Anda bekerja sebagai HRD maka tuliskan sebagai HRD di perusahaan tertentu. Namun jika tidak ingin mengidentifikasikan diri sebagai pekerja maka bisa pilih opsi lain.

Pengguna bisa pilih mencantumkan keahlian yang sesuai dengan deskripsi diri. Misalnya jika mahir dalam desain, maka cantumkan sebagai designer. Selain itu jika mahir sebagai MC maka bisa sampaikan sebagai Profesional MC. Melalui informasi ini maka orang lain akan paham keahlian Anda.

Website Portfolio atau Media Social

Sejak dahulu hingga saat ini, portofolio adalah hal yang wajib dalam dunia pekerjaan. Ini akan menjadi situs atau tempat khusus untuk menyimpan berbagai karya atau prestasi. Portofolio itu sendiri bisa Anda buat menggunakan basis situs atau sosial media, tentunya harus tersusun secara profesional.

Pengguna bisa menyisipkan situs atau sosial media portofolio ini bersamaan. Misalnya seperti situs portofolio kemudian lanjut di bawahnya mencantumkan sosial media profesional. Melalui dua informasi itu maka orang lain akan mudah melihat hasil kerja Anda dan percaya dengan skill yang ada.

Ukuran Kartu Nama yang Berlaku Nasional dan Internasional

ukuran kartu nama di photoshop

Kartu nama memiliki banyak ukuran, mulai dari standar internasional, nasional, hingga yang berlaku di negara lain. Panduan ini akan membuat Anda lebih mudah ketika ingin memiliki kartu nama sendiri. Simak penjelasan lebih lengkap mengenai ukuran kartu nama yang berlaku di beberapa negara berikut.

Ukuran Kartu Nama di Indonesia

Indonesia memiliki standar kartu nama di ukuran 9 x 5.5 cm atau 90 x 55 mm. Ukuran ini mengacu pada standar inernasional yang ditetapkan oleh organisasi ISO. berdasarkan hal itu maka ukuran standar Indonesia ini juga berlaku di beberapa negara lain, misalnya seperti New Zealand dan Australia.

Dalam pembuatan kartu nama, pengguna juga harus memperhatikan satuan ukuran. Misalnya seperti menggunakan cm, mm, inci, dan pixel. Tentu masing-masing dari satuan ini memiliki jumlah angka yang berbeda sehingga pengguna harus menerjemahkan atau menghitung ulang dari cm ke satuan lain.

Ukuran Kartu Nama di Jepang

Beberapa orang di Indonesia bisa sukses membangun karir di negeri Sakura. Jika Anda ingin mengikuti jejaknya maka jangan lupa untuk membuat kartu nama sesuai dengan standar yang berlaku. Jepang sendiri memberlakukan standar ukuran sebuah kartu nama pada 91 x 55 cm.

Ketika Anda membuatnya maka jangan lupa untuk turut menerjemahkan isi informasi ke dalam bahasa jepang. Usahakan untuk tidak menggunakan bahasa inggris karena penduduk Jepang sendiri lebih senang menggunakan bahasa ibunya. Namun pengguna tetap bisa menggunakan bahasa inggris di lain kesempatan.

Ukuran Kartu Nama di Asia

Selain ada ukuran standar Indonesia dan Jepang tentunya benua Asia juga memiliki standarnya sendiri. Khusus untuk Asia menggunakan standar ukuran 90 x 54 mm, lebih pendek 1 mm daripada standar Jepang. Walaupun demikian hal ini tidak begitu terlihat berbeda ketika sudah melalui proses cetak.

Berdasarkan tampilan ukurannya yang mirip maka ukuran ini juga bisa Anda gunakan di Indonesia dan Jepang. Jadi tidak perlu memiliki 2 versi kartu nama dengan ukuran yang hampir mirip. Namun pastikan Anda memiliki kartu nama yang sudah sekaligus mencakup informasi dalam bahasa inggris.

Ukuran Kartu Nama di Eropa

Lanjut ke bagian benua eropa, di sini memiliki standar kartu nama yang sedikit berbeda. Benua eropa menetapkan standarnya pada ukuran 85 x 55 cm, lebih pendek atau kecil daripada standar ukuran asia. Sesuai peruntukannya, kartu nama versi ukuran eropa ini bisa Anda gunakan di Belanda atau Inggris.

Selain itu juga berlaku di negara Belia, Polandia, Portugal, dan berbagai negara eropa lainnya. Melalui standar itu maka orang-orang yang bekerja lintas negara atau suka berlibur ke sana maka tidak perlu memiliki dua versi ukuran kartu. Anda dapat menggunakan satu ukuran ini saja khusus benua eropa.

Ukuran Kartu Nama di Amerika

Bergeser ke belahan dunia lain yaitu benua Amerika yang juga memiliki standar berbeda untuk ukuran sebuah kartu nama. Benua ini memberlakukan ukuran lebih kecil daripada standar yang berlaku di eropa yaitu 89 x 51 mm. Selain itu juga tersedia ukuran dalam satuan inchi yaitu 3.5 x 1.98 inch.

Walaupun standar ini berlaku di benua Amerika namun pengguna juga bisa memilih ukuran ini untuk kartu nama di Korea Selatan. Selain itu juga banyak negara lain yang mengakui ukuran standar ini yaitu Rusia, Finlandia, Ceko, Kanada, Afrika Selatan, dan Israel.

Pilihan Jenis Kertas untuk Cetak Ukuran Kartu Nama

ukuran kartu nama pixel

Selain memperhatikan ukuran sebuah kartu nama, pengguna juga harus memilih jenis kertas. Ada beberapa jenis kertas yang berbeda dan cocok untuk penggunaan kartu nama. Tentunya kartu nama itu sendiri tidak bisa hanya menggunakan HVS yang kemudian laminating.

Art Paper

Pilihan kertas pertama yang cocok untuk print kartu nama adalah art paper. Karakteristik kertas ini ialah lebih tebal dari kertas biasa yaitu 260 gsm. Melalui ketebalannya itu maka kartu nama nda akan jadi lebih kokoh dan bagus. Tidak mudah lecek, terlipat, atau hancur karena air.

Namun permukaan ini memiliki tekstur yang lebih licin sehingga akan lebih sulit jika ingin menuliskan informasi baru. Maka dari itu pastikan Anda sudah mencantumkan seluruh informasi penting selama proses desain. Melalui hal itu maka pengguna tidak perlu lagi menambah informasi baru ketika ingin tukar kartu nama.

Mohawk Option

Jika pengguna ingin menggunakan kertas yang lebih tipis maka bisa coba mohawk option. Jenis kertas ini memiliki ketebalan 250 gsm, lebih tipis dari pilihan sebelumnya namun tetap terasa tebal. Mohawk option memiliki daya serap tinta lebih tinggi sehingga menghasilkan cetakan yang bagus.

Gambar atau desain menjadi lebih tajam, bahkan pada bagian detailnya sekalipun. Melalui karakteristiknya itu maka jenis kartu satu ini pun cocok bagi pengguna yang ingin print bolak balik. Anda tidak perlu khawatir mengalami  hasil cetak yang buruk di salah satu sisi.

Linen Jepang

Pilihan jenis kertas lainnya adalah linen jepang dengan ketebalan 250 gsm sama dengan mohawk option. Jenis kertas ini memiliki tekstur khusu yaitu garis horizontal dan vertikal yang sangat terasa oleh tangan. Biasanya jenis kertas ini digunakan untuk kartu nama perusahaan karena terkesan lebih profesional.

Walaupun demikian, karyawan atau pengguna biasa juga bisa memilih menggunakan kertas ini. Hasil akhirnya tetap menjadi kertas yang kokoh dan kuat. Linen Jepang juga memiliki ketahanan lebih baik terhadap air sehingga tidak akan mudah rusak ketika basah, terciprat, atau ketumpahan air.

Pentingnya Pemilihan Desain Kartu Nama

ukuran kartu nama di word

Rasanya generasi baru perlu mengetahui lebih lanjut pihak pentingnya menyediakan kartu nama. Ini tidak hanya berlaku secara individu melainkan juga perusahaan dan rand bisnis. Kartu nama itu sendiri sama dengan kartu identitas dalam ranah yang lebih profesional karena memuat informasi data diri.

Menggambarkan Profesi

Pentingnya kartu nama dalam karir ialah untuk bisa menggambarkan profesi. Terkadang ada beberapa orang yang sulit menjelaskan atau memberikan detail tentang profesi mereka. Sebagai gantinya, pengguna bisa menuliskannya pada kartu nama dan mengajak lawan bicara untuk saling tukar.

Selain profesi, kartu nama ini juga bisa menggambarkan keahlian Anda di dunia profesional. Misal seperti penulis, pengiklan, pebisnis, atau investor. Informasi ini tentunya sangat penting bagi lawan bicara dan memudahkan Anda untuk mendapatkan klien, customer, atau pekerjaan di masa depan.

Minimalis Modern

Pada dasarnya setiap kartu nama memiliki desain yang profesional dan minimalis. Hal ini penting sekali untuk pengguna terapkan dengan baik pada kartu nama mereka. Pasalnya dunia profesional itu sendiri sudah tidak membutuhkan ornamen tidak penting di dalam kartu mereka.

Terlebih lagi Anda hanya akan bertukar kartu nama dengan orang dewasa, bukan anak kecil yang dunianya masih cerah. Jadi alangkah baiknya untuk memilih desain secara tepat dan melibatkan dua aspek yaitu profesionalitas dan minimalis. Namun biasanya hal ini tidak berlaku jika Anda bekerja di dunia kreatif.

Akhir Kata

Dari ulasan diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa ukuran standar kartu nama memiliki peran penting dalam profesionalitas dan presentasi bisnis. Dengan ukuran standar internasional 3,5 x 2 inci atau 88,9 x 50,8 mm, kartu nama dirancang dengan pertimbangan ergonomis, memudahkan siapa pun untuk menyimpannya dengan mudah dalam dompet atau holder kartu nama.

Demikian tentang ukuran kartu nama dan pentingnya kehadiran benda satu ini dalam kehidupan manusia modern. Melalui kartu nama maka seseorang bisa jadi lebih mudah mendapatkan klien atau pekerjaan. Maka dari itu penting bagi Anda untuk mulai menganggap serius kartu nama satu ini.

Artikel Lainnya:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Polresbadung.id