Ukuran X Banner Standar Dalam Berbagai Dimensi (CM, MM, Pixel)

Polresbadung.id – Ukuran X banner standar terbagi menjadi beberapa macam, mulai dari banner kecil hingga besar. Banner itu sendiri merupakan media informasi impersonal yang berfungsi sebagai media beriklan. Tentunya tujuan penggunaan banner ini adalah untuk menjual atau memperkenalkan suatu barang ke publik.

Selain itu banner juga berfungsi untuk menciptakan brand awareness. Hal ini sangat penting bagi setiap brand atau perusahaan guna memikat hati calon customer. Kemudian banner juga bisa menjadi media informasi non bisnis, misalnya seperti mengenai penyuluhan stunting atau info gizi baik untuk anak.

Banner juga memiliki banyak jenis dan ukurannya yang mana membuat pengguna bisa menyesuaikan dengan tujuan mereka masing-masing. Adapun jenis-jenis banner ialah Y banner, X banner, mini X Banner, roll banner, dan giant banner. Terlepas dari jenisnya, biasanya banner ini berbentuk panjang vertikal.

Untuk ukurannya sendiri juga beragam, ada yang mengikuti standar internasional. Ada juga pembuatan banner yang menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Namun biasanya banner memiliki ukuran tertentu sehingga bisa pas saat menggunakan stand X dan Y.

Di sisi lain, pengguna juga harus memperhatikan pemilihan ukuran banner. Tidak hanya memprtimbangkan tujuan penggunaan namun juga kemudahannya. Misalnya jika memang banner itu akan melalui mobilitas yang tinggi atau sering berpindah tempat maka lebih baik gunakan ukuran kecil.

Berbagai Ukuran X Banner Standar dan Jenisnya

ukuran x banner standar

Ada banyak ukuran x banner yang bisa Anda gunakan namun pemilihannya harus sesuai dengan tujuan penggunaan. Misalnya x banner untuk penggunaan indoor, tentu memiliki ukuran yang berbeda dengan x banner outdoor. Berikut penjelasan lebih lengkap mengenai macam-macam ukuran x banner.

Ukuran X Banner Standar Mini

X banner mini biasanya digunakan untuk media promosi yang lebih kecil. Tentu penempatannya harus berada di atas meja. Misalnya seperti meja resepsionis, meja ruang tunggu, dan lain sebagainya. Ukurannya sendiri terbagi menjadi dua yaitu 26 x 38 cm dan 25 x 40 cm.

Melalui ukurannya yang lebih kecil ini maka ia juga hanya bisa menampung sedikit informasi. Misalnya hanya foto produk dan satu tulisan besar di tengah. Kemudian ada tambahan nama atau kontak personal di bawah atau pojok kanan bawah. Usahakan untuk memberikan poin informasi yang pas di banner ini.

Ukuran X Banner Standar

Jika sebelumnya ada banner mini maka tentunya juga ada banner normal atau ukuran standar. Biasanya ukuran-ukuran seperti ini ditentukan langsung oleh ISO. Itu merupakan sebuah organisasi dunia yang tugasnya untuk menentukan ukuran standar, mulai dari kertas, id card, hingga banner seperti ini.

Untuk ukuran X banner standar sendiri biasanya ada pada 60 x 160 cm. Tentunya desain harus Anda buat secara vertikal atau ke bawah. Tidak mungkin membuat banner secara horizontal atau landscape karena pembuatan stand atau penyangga X nya sudah untuk penggunaan vertikal.

Ukuran X Banner Standar Indoor

Sebelumnya penulis menyampaikan bahwa ada perbedaan ukuran antara x banner biasa dengan indoor. Biasanya x banner indoor memiliki ukuran yang lebih kecil karena menyesuaikan juga dengan jarak pandang. Di sisi lain pengguna juga bisa menggunakan ukuran standar sebagai x banner indoor.

Namun jika Anda ingin menggunakan ukuran yang berbeda untuk kegiatan indoor maka bisa coba 60 x 150 cm. Melalui ukuran ini maka pengunjung atau orang lain bisa melihatnya dengan lebih mudah. Jangan lupa untuk membuat desain dengan komposisi yang pas sehingga pesan promosi bisa tersampaikan lebih baik.

Ukuran X Banner Standar Outdoor

X banner untuk keperluan outdoor bisa memiliki ukuran yang bervariasi. Mulai dari standar, sedang, hingga yang sangat besar dan tinggi. Setiap aturan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Adapun pilihan x banner outdoor ialah mulai dari 60 x 120 cm dan 80 x 180 cm.

Jika Anda membutuhkan banner yang besar dan tinggi agar mudah terlihat dari jauh maka bisa gunakan ukuran besar yaitu 80 x 180 cm. Namun jika memang perusahaan atau brand minta standar x banner maka bisa berikan ukuran lebih kecil yaitu 60 x 120 cm.

Ukuran Standar Y Banner

Selain X banner ada juga yang namanya Y banner, perbedaannya hanya pada bentuk penyangga. Jika X banner memiliki bentuk penyangga menyilang seperti huruf X, maka Y juga sesuai dengan huruf Y. Untuk ukurannya sendiri kurang lebih sama dengan X banner, seperti 60 x 160 cm.

Namun beberapa percetakan banner memiliki pilihan lainnya, mulai dari ukuran 50 x 150, 60 x 160, hingga 80 x 180. Pengguna atau pelanggan bisa memilih sesuai dengan kebutuhan acaranya masing-masing. Jangan lupa untuk menggunakan Y banner karena desainnya tidak bisa cocok dengan stand X.

Roll Up Banner

Di samping X dan Y banner, pengguna juga bisa menggunakan roll banner. Terkadang banner ini memiliki nama lain seperti pop up banner atau pull up banner. Sementara itu kelebihannya ialah sudah menyatu dengan tiang sehingga mempermudah mobilisasi dan penggunaannya di tempat.

Banner jenis ini memiliki ukuran yang lebih beragam dan bahkan pelanggan bisa custom. Biasanya ukuran tersedia dalam 60 x 160 cm, 80 x 200 cm, 85 x 200 cm, 120 x 200 cm, dan 150 x 200 cm. Melalui keberagaman ukuran ini maka pelanggan bisa menyesuaikan kebutuhan mereka dengan lebih mudah.

Ukuran Standar Banner Spanduk

Selain banner ukuran standar seperti penjelasan di atas, terkadang perusahaan atau brand juga menggunakan banner spanduk. Kelebihan dari banner ini adalah memiliki ukuran yang lebih besar sehingga bisa lebih mudah terlihat dari jarak jauh. Selain itu juga bisa menampung lebih banyak informasi.

Untuk ukurannya sendiri biasanya sudah menggunakan satuan meter sehingga lebih besar. Mulai dari 7 x 1.15 m, 7 x 0.9 m, 5 x 1.5 m, dan 5 x 0.9 m. Selain itu ada juga ukuran 4,5  x 2 m, 4 x 0.8 m, 3 x 1 m, 3 x 0.8 m, dan 2 x 1.5 m. Penentuan ukuran ini bisa Anda pilih berdasarkan kebutuhan saja.

Cara Membuat Ukuran X Banner Standar di Desain

ukuran x banner di canva

Setelah mengetahui Ukuran X Banner Standar dan pilihan banner lainnya kini Anda harus membuat desain. Pembuatan desain itu sendiri tentunya sangat mudah, terlebih lagi sudah ada banyak teknologi baru untuk desain. Berikut penjelasan step by step untuk membuat x banner termasuk desainnya.

Tentukan Ukuran yang Anda Inginkan

Sebelum membuat desain tentunya Anda harus memilih jenis dan ukuran banner. Bisa menggunakan ukuran standar seperti 60 x 160 cm atau juga yang lebih besar 80 x 180 cm. Di sisi lain pengguna juga harus memperhatikan kondisi penggunaan ketika memilih ukuran banner.

Misalnya jika ingin menggunakan banner di luar ruangan, maka alangkah baiknya untuk memilih ukuran yang lebih besar. Sebaliknya jika ingin menggunakan banner di dalam ruangan dengan kepadatan pengunjung kecil, maka bisa menggunakan ukuran standar.

Sesuaikan Satuan Ukuran MM atau CM

Setelah memilih ukuran desain, pengguna bisa langsung membuat desain pada kanvas kosong di laptop atau komputer. Pastikan satuan ukurannya sudah sesuai, baik itu mm atau cm. Ada beberapa aplikasi edit atau buat desain yang menggunakan standar ukuran mm sehingga pengguna harus mengubahnya.

Agar tidak terjadi kesalahan ukuran, alangkah baiknya pengguna atau desainer memperhatikan satuan ini. Jika memang tidak bisa mengubah satuannya maka ubah angka ukuran. Misalnya ukuran standar adalah 160 x 60 dengan satuan cm, maka ubah ke mm menjadi 1600 x 600 mm.

Buat Desain Banner

Ketika sudah memiliki ukuran yang pasti dan tidak salah satuan maka kini saatnya desain isi banner. Sama seperti yang sudah penulis sampaikan sebelumnya, desain bisa Anda buat sesuai dengan kebutuhan. Misalnya jika ingin mempromosikan makanan maka buatlah desain demikian.

Biasanya pemilihan desain ini juga mempertimbangkan citra brand atau perusahaan. Jangan sampai memberikan citra yang buruk, baik itu secara langsung ataupun tidak langsung. Maka dari itu biasanya pembuatan desain banner membutuhkan bimbingan dari atasan atau project leader.

Pastikan Menggunakan Batas Desain

Setiap desainer pasti sudah paham tentang penggunaan batas desain. Batas ini merupakan garis tak kasat mata yang mengelilingi pinggiran bingkai. Fungsinya untuk menjaga pinggiran desain agar tidak ada konten di dalamnya. Pasalnya konten atau tulisan dan gambar yang mepet dengan pinggir banner akan terlihat buruk.

Maka dari itu lebih baik membuat desain dengan melibatkan batas yang jelas. Tentunya batas desain ini tidak perlu terlalu lebar, cukup 10 – 15 cm dari pinggir. Kemudian usahakan meletakan berbagai komponen konten atau desain seperti tulisan, elemen, dan gambar di bagian tengah.

Coba Desain Mockup di Vendor Print Banner

Sebelum print atau cetak banner alangkah baiknya untuk melakukan visualisasi. Tahap visualisasi ini adalah melihat hasil desain secara mockup dan bisa Anda lakukan di vendor cetak. Tujuannya adalah untuk melihat desain ketika sudah berdiri secara penuh menjadi x banner.

Melalui tahap ini maka pengguna bisa mengetahui apakah desain banner sudah sesuai dengan harapan atau belum. Selain itu juga bisa menambah visualisasi ketika akan menggunakan banner setelah di cetak. Namun jika pengguna sudah yakin dengan desainnya maka tidak perlu melakukan langkah ini.

Print Banner

Langkah terakhir adalah print atau cetak banner di vendor percetakan. Tentunya mencetak banner tidak bisa dilakukan di tempat cetak biasa. Anda harus pergi ke percetakan khusus yang memang biasa melayani cetak banner, spaduk, sticker, dan lain sebagainya.

Selain itu pengguna juga harus membeli stand X atau penyangga X. Kebanyakan tempat print x banner sudah menyiapkan stand x sehingga pelanggan bisa mendapatkanya sekaligus. Mereka tidak perlu cari stand x di penjual lain dan dua kali pergi ke tempat berbeda, bukankah hal itu merepotkan?

Rata-rata Harga Print Ukuran X Banner Standar

ukuran x banner dalam pixel

Pada dasarnya setiap vendor print memiliki harga cetak banner yang berbeda. Mulai dari puluhan hingga ratusan ribu dan hal ini pun bergantung pada bahannya. Ada bahan banner yang murah namun kualitas sesuai dengan harga. Ada juga banner dengan kualitas tinggi sehingga desain tidak mudah rusak.

Banner Bahan Flexi 340

Flexi 340 adalah bahan banner dengan kualitas tertinggi dan cocok untuk penggunaan outdoor. Jenis bahan ini memiliki tekstur yang lebih halus sehingga membuat hasil desain lebih tajam. Untuk gramasinya sendiri bervariasi, mulai dari 230 – 500 gram, semakin besar gramasi tentu menjadikan banner lebih berat.

Untuk harganya sendiri juga bervariasi, tergantung dengan ukuran desain. Secara umum memiliki rentang harga mulai dari 75 ribu – 185 ribu. Tentunya harga ini hanya perkiraan yang artinya setiap vendor atau tempat percetakan banner bisa saja memiliki rentang harga berbeda.

Banner Bahan Luster

Posisi kedua sebagai bahan banner terbaik adalah tipe luster dengan finishing mengkilap. Bahan banner ini memiliki tekstur lebih licin dan tipis, cocok untuk penggunaan banner indoor. Tipe luster ini juga biasanya untuk percetakan banner roll up, x banner, atau y banner.

Kelebihan menggunakan banner bahan luster adalah tidak perlu melalui proses laminasi lai karena sudah memiliki permukaan yang mengkilap. Selain itu ia juga memiliki permukaan halus sehingga bisa membuat hasil desain lebih tajam. Melalui hal itu maka bahan ini juga cocok untuk desain beresolusi tinggi.

Banner Bahan Easy Banner

Easy banner adalah bahan spanduk yang memiliki permukaan agak kasar dan kaku daripada bahan-bahan lainnya. Melalui tekstur bahan seperti itu maka biasanya orang-orang menggunakan bahan easy banner untuk kegunaan di luar ruangan. Ada juga yang menggunakannya khusus untuk desain besar.

Harganya sendiri sekitar 180 ribu untuk ukuran 70 x 160 cm dan 255 ribu untuk ukuran 80 x 180 cm. Kelebihan dari bahan ini adalah sifatnya kaku sehingga bisa lebih kokoh ketika penggunaan luar ruangan. Selain itu ia juga tidak mudah rusak dan tahan dari tahun ke tahun.

Banner Bahan Korea Glossy

Ada bahan banner yang namanya adalah Korea Glossy, berkarakteristik lebih kasar dan tebal. Biasanya lebih cocok untuk penggunaan x banner outdoor dan banner spanduk besar. Namun pengguna juga bisa memilih jenis bahan ini untuk membuat roll up banner, Y banner, photowall, mini x banner, dan wallpaper.

Rata-rata harga cetak banner bahan korea adalah sekitar 185 ribu – 260 ribu tergantung dengan ukuran. Tentunya semakin besar ukuran akan memiliki harga yang semakin mahal. Di sisi lain, pengguna juga perlu mengetahui bahwa jenis bahan korea ini pun bisa terbagi menjadi beberapa tipe.

Banner Bahan Frontlite

Frontlite merupakan bahan dasar pembuatan spanduk atau banner yang ketika terkena cahaya dari depan akan berpendar. Secara sederhana, bahan ini bisa memantulkan cahaya sehingga jadi lebih terlihat di kegelapan. Melalui karakteristik itu maka bahan ini cocok untuk penggunaan banner outdoor.

Namun bahan frontlite hanya bisa atau cocok untuk pencetakan satu sisi saja yaitu bagian depan. Perihal harganya sendiri sekitar 140 ribu untuk ukuran 80 x 180 cm. Harga bisa berubah sesuai dengan kebijakan dan ketentuan dari masing-masing tempat cetak.

Akhir Kata

Setelah menggali lebih dalam tentang ukuran X-banner, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa ukuran berperan penting dalam efektivitas alat promosi ini. Ukuran standar X-banner, yang biasanya berukuran 60 x 160 cm atau 80 x 180 cm, dirancang sedemikian rupa untuk memaksimalkan visibilitas dan impak visual, namun tetap mempertahankan kemudahan dalam transportasi dan pemasangan.

Demikian tentang Ukuran X Banner Standar dan jenis-jenis bahannya. Semoga dapat membantu banyak orang yang bingung dengan ukuran X dan Y banner. Jangan lupa untuk turut membeli penyangganya, pasalnya kebanyakan orang seringkali lupa membeli penyangga di hari H acara.

Artikel Lainnya:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Polresbadung.id